Tugas Pengayaan

Posted by Dinda Narullita Putri on Feb 21, 2017 in Pengantar Teknologi Informasi |
  1. Tuliskan fungsi sistem operasi komputer

Jawaban: Sistem operasi merupakan penghubung antara perangkat keras dan pengguna, sistem operasi juga berfungsi sebagai program pengendali dengan tujuan untuk menghindari kesalahan penggunaan komputer dan mengatur pengelolaan sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan layanan kepada pengguna sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer. Fungsi sistem operasi secara umum adalah sebagai berikut:

  • Resource manager, merupakan pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya, Contoh: memori, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya.
  • Interface / tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah dipahami dan bersahabat (user friendly)
  • Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan dapat diproses secara berurutan.
  • Guardian, menyediakan akses kontrol yang bertugas untuk melindungi file dan memberi pengawasan pada data dan program.
  • Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
  • Optimizer adalah penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.
  • Accountant befungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.
  • Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer.

 

2. Apa yang dimaksud command prompt

Jawaban: Command Prompt ( nama lainnya adalah Windows Command Processor, Command Shell atau cmd.exe) adalah aplikasi yang menjalankan perintah yang berupa text (Command Line) dalam kebanyakan Sistem Operasi Windows (Windows 8Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows 2000, dan Windows Server 2003,2008,2012). Banyak yang salah tafsir menyamakan Command Prompt dengan MS-DOS. Memang Command Prompt bisa menjalankan berbagai perintah yang terdapat pada MS-DOS tapi Command Prompt bukanlah MS-DOS itu sendiri.

Command Prompt pada umumnya digunakan untuk mengeksekusi batch file, menjalankan fungsi administrator, melakukan troubleshoot dan memberikan solusi terhadap berbagai masalah dalam Sistem Operasi Windows.

 

  1. Waktu yang diperlukan untuk membaca dan menulis isi sector pada disk disebut…

Jawaban: Waktu Akses

 

  1. Yang termasuk memori portable dalam komputer adalah…

Jawaban:

  • RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi untuk menyimpan data atau instruksi sementara. Setiap perintah yang di berikan user pada komputer terlebih dahulu akan di masukkan ke mmori RAM, kemudian processor yang berperan sebagai inti akan mengeksekusi satu persatu secara random semua data yang tersimpan di dalam RAM. Karena sifat penyimpanannya yang sementara, maka ketika anda mematikan komputer, semua data yang tersimpan di RAM akan hilang, sebab itu penting untuk menyimpan pekerjaan yang tengah anda buat ke penyimpanan permanen seperti hardisk sebelum komputer di restart atau di matikan.
  • ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang dapat bekerja ketika komputer dalam keadaan mati ataupun hidup. Isi dari ROM secara default sudah di sediakan dari pabrik pembuat komputer dan tidak bisa di rubah. Agar komputer berfungsi normal memori ini harus selalu bekerja. ROM berbentuk sebuah sirkuit yang di tanamkan di dalam motherboard. Memori ini menyimpan beberapa program penting untuk menjalankan komputer.
  • Cache merupakan memori yang berfungsi seperti RAM, bekerja lebih responsif. Pada umumnya cache di tempatkan di dalam cpu yang digunakan untuk menyimpan instruksi sebelum di berikan ke memori utama. Adanya cache akan mempermudah komputer menemukan informasi mengenai penyimpanan yang lebih besar sehingga ekstraksi data bisa berjalan lebih cepat.
  • USB Flashdisk merupakan memori eksternal yang bersifat portable. Fungsinya sama dengan hardisk yaitu sebagai tempat menyimpan data secara permanen. Pengguna komputer banyak memanfaatkan flashdisk untuk menyimpan berbagai data, karena bentuk fisiknya yang kecil, memori yang satu ini seringkali dibawa pengguna kemana-mana.
  • Hardisk adalah salah satu perangkat keras komputer yang di gunakan untuk menyimpan data secara permananen. Hardisk pada umumnya memilki ukuran lebih besar dari flashdisk. Memori ini ada yang bersifat eksternal hardisk dan internal hardisk. Karena fungsi penyimpanannya yang permanent, hardisk memiliki kapasitas besar seperti, hardisk dengan kapasitas 80 GB, 160 GB, 250 GB, 500 GB dan bahkan hingga ke ukuran 1 TB dan seterusnya.

 

  1. Sebutkan tugas dari control unit

Jawaban: Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.

 

  1. Teknologi hardisk yang memiliki kemampuan untuk menghemat listrik, salah satunya fungsi sleep, stand by, jelaskan

Jawaban:

  • STAND BY
    Pada kondisi stand by,komputer tidak dimatikan secara keseluruhan.Semua komponen komputer mati kecuali memori (RAM). Jadi, semua komponen diputus aliran listriknya kecuali RAM. Oleh arena itu,stand by masih menggunakan listrik untuk memberi daya pada RAM,berbeda dengan shutdown atau hibernate yang benar-benar mematikan komputer.Untuk menghidupkan komputer kembali dari modus stand by jauh lebih cepat dibandingkan hibernate (bisa dibilang instan),karena isi RAM masih dipertahankan.
  • Sleep, dalam bahasa Indonesia Sleep berarti tidur, itu artinya ketika kita melakukan proses Sleep maka seluruh komponen komputer kucuali RAM akan tertidur, ingat komputer hanya tertidur bukan di matikan. Dan pada saat anda menghidupkan kembali komputer, maka semua akan berjalan lagi seperti sebelum anda memasuki mode Sleep.

 

  1. Yang tidak termasuk pengelolaan system file dimana merupakan fungsi dari system operasi adalah….

Jawaban: Parameter file

 

  1. Tata cara atau peraturan yang disepakati secara internasional agar sebuah komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya disebut….

Jawaban: Protocol

 

  1. DHCP adalah kependekan dari…

Jawaban: Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)

 

10. WWW singkatan dari…

Jawaban: World Wide Web(WWW)

 

11. Ada 2 Hal pertama yang harus kita lakukan untuk instalasi komputer

Instal Pertama kali

  • Sediakan Operating System (OS),
  • Sediakan Driver MotherBoard
  • Sediakan Software Aplikasi Yang Anda Butuhkan

Untuk orang yang ingin install ulang

  • Menyimpan dan Memastikan Drive Komputer
  • Sediakan Operating System (OS),
  • Backup Data
  • Sediakan Software Aplikasi Yang Anda Butuhkan

 

  1. Orang yang pertama kal menciptakan OsLinux adalah

Jawaban: Linus Torvalds

 

13. Pengertian LAN, MAN, WAN, internet

Jawaban:

  • LAN (Local Area Network)

Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall moderen yang saling berhubungan antar kota.

Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

  • WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau WAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan Komputer LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari Jenis Jaringan Komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

Lebih singkatnya WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

  • Internet

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

 

  1. Tuliskan pengertian jaringan komputer

Jawaban: Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

 

  1. Apa yang dimaksud jaringan client-server

Client-Server adalah sebuah arsitektur jaringan yang memisahkan client(biasanya aplikasi yang menggunakan GUI ) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server. Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi.

 

  1. Sebutkan program – program yang berjalan di atas Sistem Operasi Windows yang berlicensi gratis (free licensi), minimal 5

Jawaban: Firefox 3.0.1   WindowBlinds 6.2  Winamp 5.541 Full  DAEMON Tools Lite 4.30.1   Adobe Reader 9.0  Flash Player 10 RC (IE)  RealPlayer 11.0.0.453  Thunderbird 2.0.0.16  WinRAR 3.80 Beta 5  RocketDock 1.3.5

  1. Yang bukan merupakan fitur dari Linux adalah:

a. Multi User            b. Multi tasking           c. Multi walking           d. Multiprocessor       

Jawaban: D

  • Multitasking: Beberapa proses dalam dijalankan pada suatu saat.
  • Multiuser: Beberapa user di mesin yang sama pada suatu saat.
  • Multiprocessor: Mendukung SMP (Symmentric Multiprocessing) untuk intel dan SPARC dan platform lain.

 

  1. Salah satu kelebihan dari Linux adalah Multiprocessor yaitu ?

a. Dapat dijalankan bersama system operasi yang lain Dualboot

b. Dapat melakukan tugas secara bersamaan multitasking

c. Dapat dijalankan di lebih dari satu Komputer multiuser

d. dengan menggunakan dua CPU atau lebih dalam sebuah sistem komputer

Jawaban: D

Multiprocessor: sistem komputer dengan dua atau lebih CPU identik yang membagi akses secara penuh kepada common RAM

 

  1. Dibawah ini merupakan sifat dari System Operasi Linux,adalah…

a. Multi user, multi tasking, multi guna

b. Multi user, multi plat form, multi guna

c. Multi user, multi tasking, multi plat form

d. Multi tasking, multi plat form, multi guna

Jawaban: C

  • Multiplatform: Sistem operasi Linux berjalan di banyak CPU berbeda.

 

  1. File system yang digunakan linux yaitu…..

a. Extended          b. NTFS         c. FAT32         d. FAT64

Jawaban: A

FAT32 : Microsoft Windowsb. NTFS : Microsoft d. FAT64 : Microsoft Windows

  1. Dalam melakukan upaya pencegahan agar perangkat lunak dapat terlindungi hak ciptanya dari pembajakan, maka perusahaan pembuat perangkat lunak melengkapi produknya dengan kode tertentu yang biasa disebut ….

a. Serial number          b. Code number          c. Dial number          d. Passing number

Jawaban : A

 

  1. Sistem operasi Linux menyediakan dua pihak yaitu …

a. Unix dan Mode Grafik      b. Unix dan Linux      c. Unix dan Mode Text     d. Mode Grafik dan Mode Text

Jawaban : D

 

  1. Perintah dasar linux yang digunakan untuk menghapus direktori adalah….

a. rm         b. rmdir           c. Rmove           d. rmdel

  Jawaban: D

 

  1. Perintah pada dasar linux untuk membuat direktori baru adalah…

a. ls          b. mkdir         c. Cd          d. rd

Jawaban: B

 

  1. Variasi dari Sistem Operasi Linux bisa disebut dengan ?

a. Distro/Distribusi          b. Open Source          c. Nickname          d. Alias

Jawaban: A

 

  1. Siapakah Pembuat Sistem Operasi Linux ?

a. Linus Torvalds          b. Jim Geovedi           c. Steve Jobs          d. Taka Willy

Jawaban: A

  1. Siapakah Pembuat Sistem Operasi Mac OS ?

a. Hmei7          b. Steve Jobs          c. Taka Willy        d. Bill Gates

Jawaban : B

 

  1. Siapakah perancang sekaligus penemu OS Windows 8 ?

a. Onno W Purbo          b. Andy Rubin         c. Steven Jay Sinofsky          d. Steve Jobs

Jawaban : C

 

  1. Sebutkan beberapa OS yang anda ketahui?

Jawaban: windows, linux, unix, mac os

 

  1. Sebutkan distro linux yang dikembangkan di indonesia

Jawaban: garuda os, blankOn, Kuliax, IGOS, dewaLinux, teaLinux, target Linux, dll.

 

  1. Salah satu os yang bersifat open source adalah?

Jawaban: Liux

 

  1. Apa yang dimaksud CLI?

Jawaban: CLI (Command Line Interface) adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi dengan sistem operasi atau komputer tersebut.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://www.teorikomputer.com/2012/11/fungsi-sistem-operasi-pada-komputer.html (diakses pada tanggal 20 Februari 2017, pukul 07:55)

http://www.clinic-komputer.com/2013/04/apa-yang-dimaksud-command-prompt.html (diakses pada tanggal 20 Februari 2017, pukul 08:47)

http://indirpan.wapsite.me/Slide%20BSI/Sistem%20Operasi/Waktu+Akses+Disk (diakses pada tanggal 20 Februari 207, pukul 08:54)

http://www.astalog.com/6540/sebutkan-beberapa-fungsi-control-unit.htm (diakses pada tanggal 20 Februari 2017)

http://www.pakirwan.web.id/2013/02/pengertian-protokol-jaringan-dan-jenis.html (diakses pada tanggal 20 Februari 2017)

http://rumahwacana.com/blog/daftar-distro-linux-terbaik-buatan-indonesia/ (diakses pada tanggal 20 Februari 2017)

http://www.flamingosolution.com/2015/02/7-os-distribusi-linux-buatan-indonesia.html (diakses pada tanggal 20 Februari 2017)

http://ghadinkz23.blogspot.co.id/2010/12/pengertian-gui-dan-cli.html (diakses pada tanggal 20 Februari 2017)

Reply

Copyright © 2024 dinda.n's blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek.