Sejarah Komputer dan Sejarah Internet

Posted by Dinda Narullita Putri on Feb 11, 2017 in Pengantar Teknologi Informasi |

1. Sejarah Komputer

Asal-usul perkembangan komputer tak dapat lepas dari kebutuhan manusia untuk dapat mengetahui berapa hasil dari suatu perhitungan, mulai dari perhitungan yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Agar dapat memperoleh suatu informasi dengan tepat dan cepat, manusia selalu berusaha mencari dan menemukan suatu alat bantu hitung dan pengolah data yang lebih baik. Pada mulanya seluruh alat bantu hitung digerakkan secara manual dengan tenaga manusia (periode manual tahun 1000 SM – 1641 M), kemudian alat bantu hitung berkembang menggunakan tenaga penggerak mekanik menggunakan roda bergigi yang digerakkan tangan (periode mekanis 1642-1885). Pada perkembangan selanjutnya, alat bantu hitung, mesin mekaniknya mulai menggunakan tenaga listrik (periode elektromekanis 1886 – 1945), dan pada perkembangan terakhir menggunakan sirkuit elektronik (periode elektronik 1946 – sekarang).
Pada periode elektronik inilah kita mulai memasuki generasi komputer. Berikut ini penjelasan masing-masing dari generasi komputer tersebut.
a. Generasi 1
Sejarah komputer generasi pertama mulai hadir ketika Perang Dunia 2 pada tahun 1946 – 1956, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
o Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes) sebagai sirkuitnya yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar.
o Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik drum.
o Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language)
Adapun produk komputer generasi pertama ini di antaranya:
• Z3 (untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali);
• Colussus;
• Mark 1;
• EDVAC;
• ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer)
ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer) yang dikembangkan tahun 1946 oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eckert dari Universitas Pennsylvania merupakan First General Purpose Electronic Computer.

• UNIVAC I (Universal Automatic Computer)
UNIVAC (Universal Automatic Computer) sudah menggunakan pita magnetik sebagai media input dan outputnya. Merupakan komputer komersial pertama yang dipakai oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk digunakan dalam menghitung sensus penduduk dan sebagai komputer pertama yang dibuat untuk tujuan aplikasi bisnis.

• IBM 701 dan IBM650
IBM 701 dan IBM650 yang sudah merupakan komputer komersial berukuran besar. Sudah menggunakan magnetik drum untuk media penyimpanan luarnya.

b. Generasi 2
Komputer generasi kedua mulai populer pada awal tahun 1960-an. Beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
o Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya. Transistor dikembangkan di Bell Laboratories tahun 1947.
o Adanya penegembangan memori inti magnetic sehingga komputer lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding generasi komputer pertama.
o Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.
o Menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
Salah satu contoh komputer generasi kedua yang dikembangkan saat itu adalah IBM 1401. Sejak tahun 1965, sebagian besar bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi ini untuk mengolah informasi keuangan.

c. Generasi 3
Komputer generasi ketiga muncul setelah diperoleh fakta bahwa transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
o Pengembangan sirkuit terintegrasi (IC).
o Komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
o Penggunaan sistem operasi (operating system) > Multi Tasking
Adapun contoh komputer generasi ketiga ini di antaranya:
• IBM S/360
IBM S/360 dirancang untuk bisnis dan teknik.

• GE 600 dan GE 235

• NCR Century

d. Generasi 4
Komputer generasi keempat mulai muncul pada tahun 1980-an. Beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
o Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080).
o Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergration) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
o Hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.
Adapun contoh komputer generasi keempat ini di antaranya:
• Apple II Macintosh
Apple II dikembangkan oleh Steven Jobs dan Steve Wozniak.

• IBM PC
IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan dirumah, kantor, dan sekolah.

e. Generasi 5
Komputer generasi kelima dikembangkan sejak tahun 1985 dan mulai muncul awal 2000-an. Beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
o Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
o Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari).

2. Sejarah Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

3. Koneksi Internet Broadband
Internet broadband adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet dengan mengunakan teknologi broadband. Pengertian broadband dalam arti harfiah, berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, proses akses internet dial-up sangatlah lambat, kecepatan koneksi dial-up terlalu lamban karena saluran telepon tetap sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor inilah membuat metode koneksi broadband ini disukai untuk akses internet.
Istilah broadband mengacu pada koneksi bandwidth internet. Istilah bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet. Transfer data biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Dalam koneksi internet broadband, kecepatan transfer sangat tinggi dibandingkan dengan koneksi dial-up internet. Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada kecepatan, biaya, dan ketersediaan. Beberapa jenis koneksi internet broadband antara lain sebagai berikut.
a. Koneksi Internet Broadband ADSL Dan SDSL
ADSL adalah koneksi broadband yang paling umum digunakan. Hal ini banyak digunakan untuk keperluan rumahan dan komersial. ADSL merupakan saluran digital yang dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa mengganggu saluran telepon. ADSL bekerja pada kecepatan 512 Kbps ke atas. ADSL memungkinkan kecepatan internet koneksi tinggi tanpa mengganggu kesibukan saluran telepon. Dalam kasus koneksi ADSL, kecepatan download lebih besar daripada kecepatan upload. Hal inilah sehingga diistilahkan dengan “asimetris” karena perbedaan dalam kecepatan download dan upload.
SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line) mirip dengan ADSL, hanya berbeda dalam satu aspek yaitu kecepatan upload. Koneksi internet broadband SDSL ditandai dengan kecepatan upload dan download identik. Hal ini bermanfaat untuk tujuan komersial dan bisnis jika memerlukan kecepatan upload yang tinggi, dan koneksi SDSL memenuhi persyaratan untuk itu. Biaya SDSL lebih mahal dibanding ADSL, tetapi hal ini bukanlah menjadi beban jika mempertimbangkan keuntungan dari sisi bisnis.
b. Koneksi Internet Broadband Wireless
Koneksi internet nirkabel adalah kebutuhan sepanjang hari. Saat ini, laptop, palmtop, dan ponsel semua memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan proses download yang disediakan oleh jenis akses teknologi ini berkisar 128 Kbps sampai 2 Mbps. Teknoloi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel dan laptop.
c. Koneksi Kabel Internet Broadband
Internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. Koneksi kabel internet broadband dibuat tersedia bersama dengan saluran TV kabel. Kabel koneksi internet broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps sampai 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di daerah perumahan di beberapa kota besar. Hal ini lebih populer dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis koneksi internet ini adalah sama.
d. Koneksi Internet Broadband Satelit
Semua bentuk koneksi broadband internet yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan jangkauan secara geografis. Koneksi internet Satelit broadband adalah solusi untuk masalah ini. Dalam jenis koneksi internet, satelit geostasioner menyediakan akses internet. Hal ini membutuhkan parabola dan perangkat keras pendukung lainnya untuk menerima sinyal. Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis lain dari koneksi broadband. Pada koneksi satelit broadband, faktor cuaca mempengaruhi sebagian besar.sinyal pada jenis koneksi internet broadband ini.
4. Tujuan dari Alamat IP dan Hubungannya dengan Nama Domain
IP address digunakan sebagai alamat numerik suatu domain dalam internet. Domain dan sub-domain ini memiliki IP address yang unik untuk masing-masing tujuan dalam website. Dalam pemetaan domain, alamat-alamat ini tidak diperbolehkan bernilai sama.
5. Fitur Dari Browser dan Identifikasi Komponen Dari Alamat Web
Berikut daftar beberapa fitur dari browser:
• ActiveX.
• Autocompletion (pengisian otomatis) URL dan formulir data.
• Markah buku untuk mengikuti lokasi yang sering diakses.
• Cascading Style Sheets (CSS).
• Kuki yang membolehkan sebuah website untuk mengetahui seorang pengguna lama.
• Tembolok web – Halaman web “disimpan” dalam memori ketika kita membukanya agar dapat diakses lagi walaupun sedang offline.
• Digital certificate (Sertifikat Digital).
• Pemuatan gambar menggunakan format gambar yang sudah terkenal seperti GIF, PNG, JPEG, SVG.
• Flash.
• Favicon.
• Font, ukuran, warna.
• Formulir untuk mengirimkan informasi.
• Frame dan IFrames.
• Gambar.
• Integrasi dengan aplikasi desktop lainnya.
• Offline browsing (Penjelajah Tertutup) terhadap isi web yang sudah disimpan terlebih dahulu.
• Java applet.
• JavaScript untuk isi yang lebih dinamis.
• Pengaturan pengunduhan.
• Penyaringan iklan (Ad filtering).
• Plug-in.
• Sejarah kunjungan ke halaman-halaman web terakhir.
• Session management.
• Tabbed browsing.
• Tabel.
• XHTML dan XML.
• DHTML.
• HTTPS.
Sebuah alamat web biasanya terdiri dari dua bagian atau lebih (secara teknis disebut label), dipisahkan dengan titik.
• Label paling kanan menyatakan top-level domain (domain tingkat atas/tinggi). Misalkan, alamat www.wikipedia.org memiliki top-level domain org.
• Setiap label di sebelah kirinya menyatakan sebuah sub-divisi atau subdomain dari domain yang lebih tinggi. Catatan: “subdomain” menyatakan ketergantungan relatif, bukan absolut. Contoh: wikipedia.org merupakan subdomain dari domain org, dan id.wikipedia.org dapat membentuk subdomain dari domain wikipedia.org (pada praktiknya, id.wikipedia.org sesungguhnya mewakili sebuah nama host). Secara teori, pembagian seperti ini dapat mencapai kedalaman 127 level, dan setiap label dapat terbentuk sampai dengan 63 karakter, selama total nama domain tidak melebihi panjang 255 karakter. Tetapi secara praktik, beberapa pendaftar nama domain (domain name registry) memiliki batas yang lebih sedikit.
• Terakhir, bagian paling kiri dari bagian nama domain (biasanya) menyatakan nama host. Sisa dari nama domain menyatakan cara untuk membangun jalur logis untuk informasi yang dibutuhkan: nama host adalah tujuan sebenarnya dari nama sistem yang dicari alamat IP-nya. Contoh: nama domain www.wikipedia.org memiliki nama host “www”.
6. Cara Pencarian Yang Efektif Di Web
Google merupakan mesin pencari yang terbaik dan paling banyak digunakan. Meski mencari informasi dari Google memang sangat mudah cukup dengan mengetikkan beberapa kata kunci yang ingin dicari, namun memilah hasil pencarian yang relevan dengan kebutuhan tentu bisa menjadi masalah yang memusingkan bagi kita.
Kita harus menggunakan trik-trik khusus supaya google bisa menampilkan hasil pencarian yang efektif dan efisien, tepat sesuai dengan yang kita harapkan. Dengan cara meletakkan kode-kode tertentu baik berupa tanda baca maupun kalimat-kalimat tertentu untuk mengarahkan hasil pencarian. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencari secara efektif dan efisien di google.

a. Gunakan kata kunci yang spesifik
Ketika melakukan pencarian melalui Google hindari menggunakan kata-kata yang terlalu umum. Gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik karena Google adalah sebuah mesin yang tidak mungkin bisa memahami kebutuhan informasi yang diinginkan oleh masing-masing orang.
Sebagai contoh ketika sedang mencari informasi tentang Sejarah Komputer, maka jangan lupa untuk mengetikkan kata kunci ‘Sejarah Komputer’ di Google. Sebaliknya jika hanya mengetikkan komputer di Google, maka kemungkinan besar hasil yang Anda dapatkan tidak akan sesuai dengan harapan.
b. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi
Jika belum menemukan informasi yang ingin didapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesifik, mencoba dengan kata kunci yang lebih bervariasi tentu merupakan langkah yang patut untuk dicoba. Seluruh informasi di internet pada dasarnya berasal dari manusia yang tentu saja diungkapkan dalam beragam cara dan bahasa.
Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi dalam mencari informasi dari internet. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata ‘LTE concept’ dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci ‘LTE tutorial’ tentu bisa dilakukan sebagai sebuah alternatif.
c. Gunakan kalimat tanya
Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat dipakai sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika ingin menemukan informasi soal DLNA, Anda dapat menggunakan kalimat tanya ‘apa itu DLNA?’. Hasilnya dengan memakai kalimat tanya seperti ini selain lebih relevan, pertanyaan juga dapat langsung terjawab.
d. Gunakan tanda kutip “ ”
Bila suatu saat menggunakan Google untuk mencari informasi tentang ponsel dengan fitur DLNA dengan mengetikkan ‘DLNA enabled phone’ hasil yang didapatkan belum tentu berkaitan dengan merek dan model ponsel yang telah mendukung konektivitas DLNA. Agar hasil pencarian yang diinginkan lebih relevan, gunakan saja salah satu trik google yaitu tanda kutip menjadi “DLNA Enabled Phone”. Dengan cara seperti ini, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.
e. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)
• Tanda (+) untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. Misalkan ‘kematian tokoh manga’ (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja. Maka cukup anda tulis ‘kematian tokoh manga +naruto’. Hasilnya selain mencari keyword ‘kematian tokoh manga’ google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword ‘naruto’.
• Tanda (-) digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking, dsb. Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes, tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu, gunakan tanda – untuk menghilangkan iklan. Menjadi ‘soal psikotes –iklan’. Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. Contohnya ‘soal psikotes’ – site:lintasberita.com
f. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)
Informasi di internet bukan hanya website, ada beragam file semacam pdf, doc(ms word), bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:tipe.
Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, ketikkan saja “soal psikotes” filetype:pdf. Untuk melihat apa saja kode file yang didukung google bisa dilihat di google advanced.
Berikut beberapa fitur pencarian di Google.
• AND : Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang kita cari. contoh sistem informasi maka masukan sistem and informasi atau sistem+informasi
• OR : Mencari infornasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. contoh saus or sambal atau saus | sambal
• FRASE : Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda ” “. contoh “perangkat lunak”
• NOT : Hasil pencarian yang mengandung kata yang di depan, tapi tidak dibelakang (-).contoh, kucing -persia kata tersebut akan menampilkan hasil pencarian kata kucing tapi tidak untuk persia
• SINONIM (~) : Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. contoh, ~negara akan membawa hasil pencarian negara dan sinonim-sinonimnya.
• ASTERIK (*) : Karakter pengganti kata. dari contoh, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng dan lainnya ayam*pedas
• TANDA TIKIK(.) : Karakter pangganti kata. Dari contoh ko.i dari contoh bisa didapatkan koki, kopi dan lainnya.
• CASE INSENTITIVE : Pencarian digoogle menangkap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi Bloger, bLoger, BloGER semuanya akan membawa pancarian yang sama
• PENGABAIAN KATA : Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut : a, about, an, and, are, as, dan lainnya. tapi misalnya kita inginkan juga bisa dengan
• menggunakan karakter + di depan kata yang di cari (Misal : “SWars Episode + I”)
• I’M FEELING LUCY : Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama query kita.
• FITUR PENCARIAN LANJUT: Fitur untuk mencari dengan kriteria-kriteria tertentu, misalnya negara, bahasa, type file, update terakhir, dll
• DEFINE : Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang cyberlaw dari berbagai sumber. define:cyberlaw
• CHACE : Menampilakn situs web yang telah diindeks oleh google meskipun sudah tidak aktif lagi. cache:oldsite.co.cc
• LINK : Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh link:transiskom.com
• RELATED : Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs. Contoh related:transiskom.com
• INFO : Menampilkan informasi yang google ketahui tentang sebuah situs.
• contoh info:transiskom.com
• FILETYPE : Menampilkan jenis pencarian yang berupa extensi file tertentu. sedangkan jenis filenya adalah : doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt dan lainnya. Contoh : belajar php filetype:pdf
• ALLINTITLE : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh allintitle:jaringan komputer
• INTITLE : Menampilkan satu kata yang dicari di dalam TITLE halaman. Contoh intitle:jaringan komputer
• SITE : Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk. Contoh: jaringan komputer:transiskom
• INURL : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam URL. Menghasilkan daftar URL yang mengandung kata pancoran. Contoh inurl:pancoran
• ALLINURL : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam URL. Contoh dibawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata pancoran. allinurl:pancoran
7. Manfaat Dan Resiko Menggunakan Jejaring Sosial
Berbicara jejaring social sekarang ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, hampir tiap individu menggunakan jejaring sosial dari yang muda hingga yang tua baik untuk berbinis maupun hanya sebatas terhubung dengan teman. Dengan adanya jejaring sosial memang sangatlah membantu kita dalam berhubungan dengan orang lain, baik teman maupun saudara. Namun di dalam kemudahan itu juga terdapat manfaat dan resiko menggunakan jejaring sosial, berikut penjelasannya.
Manfaat:
• Sebagai tempat promosi
Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan.
• Menemukan teman yang telah lama terpisah
Dengan menggunakan jejaring sosial kita dapat menemukan teman lama kita yang telah terpisah jauh. Maka dengan ini komunikasi tetap terjalin meski tak bertatap wajah secara langsung.
• Ajang memperbanyak teman
Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah.
• Sebagai media komunikasi
Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri.
• Tempat mencari informasi
Jejaring sosial juga memudahkan kita menggali semua jenis informasi yang ter-up to date ataupun informasi yang telah lampau. Karena tak setiap orang akan melihat portal-portal berita, dan pastinya akan lebih sering mengecek akun-akun jejaring sosial mereka. Maka itu, terkadang di jejaring sosial juga membahas isu-isu yang sedang in saat itu dan pastinya ramai untuk diperbincangkan oleh orang-orang dalam jejaring sosial. Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan jejaring sosial sebagai media penyeberannya.
• Tempat berbagi
Dengan fitur yang ada pada jejaring sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara.
Resiko:
• Munculnya tindak kejahatan
Banyak juga orang yang menggunakan jejaring sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan, seperti penculikan dan penipuan.
• Menimbulkan sifat candu
Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar.
• Terganggunya perkembangan dalam lingkup social
Manusia adalah makhluk yang tidak dapat hidup tanpa kehadiran manusia lainnya. Hal ini mengharuskan kita untuk saling berinteraksi dengan baik antar sesama. Jika kita sibuk dengan jejaring sosial, bagaimana interaksi yang baik akan terjalin? Waktu yang seharusnya kita gunakan untuk bertatap muka langsung dan mengobrol habis terpakai untuk berselancar di dunia maya.
• Terganggunya perkembangan moral
Dalam jejaring sosial, terdapat banyak gambar maupun situs yang mengarah pada pornografi. Walaupun pemerintah mengklaim telah menghapus konten pornografi, pada kenyataannya anak-anak maupun remaja tetap banyak yang bisa mengakses konten tersebut. Jika hal tersebut dibiarkan tentu akan mengganggu perkembangan moral generasi muda.
• Mengganggu kesehatan tubuh
Jika mata kita terlalu sering melihat ke layar smartphone, maka akan menimbulkan masalah yang serius. Selain itu, terlalu lama bermain gadget dapat menimbulkan stres pada otak. Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Jika otak stres maka tubuh akan rentan terkena berbagai macam penyakit.
• Mengganggu hubungan antarpasangan
Jejaring sosial juga dapat memicu kecemburuan antarpasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain.

DAFTAR PUSTAKA

Darmawan, Deni. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Jogiyanto. 1988. Pengenalan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset.
Nugroho, Eko. 1990. Pengenalan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset.

http://www.ilmusiana.com/2015/09/sejarah-komputer-dan-perkembangannya.html diakses pada tanggal 9 Februari 2017
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet diakses pada tanggal 9 Februari 2017
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain diakses pada tanggal 9 Februari 2017
https://id.wikipedia.org/wiki/Penjelajah_web diakses pada tanggal 9 Februari 2017
http://yusufilham.web.ugm.ac.id/2015/09/12/internet-broadband-pengertian-dan-jenis-jenis-koneksi-internet-broadband/ diakses pada tanggal 9 Februari 2017
http://safirmas.web.ugm.ac.id/2016/09/11/ip-address-dan-domain/ diakses pada tanggal 9 Februari 2017
http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html diakses pada 10 Februari 2017

Reply

Copyright © 2024 dinda.n's blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek.