Digital Store dan 365

Posted by Dinda Narullita Putri on Mar 10, 2017 in Pengantar Teknologi Informasi |

Sejarah Digital Storage, Dari Kertas Hingga Yang Tak Nyata

Tahukah Anda apabila dirunut dari awal terciptanya, media penyimpanan data komputer telah mengalami perubahan yang cukup revolusioner. Mulai dari media penyimpanan digital dimana hardware membutuhkan satu ruangan penuh, kemudian menuju ke hardware yang cukup untuk dimasukkan ke saku, hingga sekarang dimana media penyimpanan digital hadir tanpa bentuk fisik hardware yang nyata, cloud storage. Pada artikel kali ini, saya akan memaparkan perjalanan revolusioner tersebut mulai dari awal terciptanya ide media penyimpanan digital hingga sampai ke cloud storage.
  • Punch Cards
    Media penyimpanan digital hadir untuk menggantikan kertas dan bertumpuknya dokumen dalam suatu lemari cabinet. Namun awal dari terbentuknya media penyimpanan digital adalah dari bentuk kertas bernama punch cards.

Picture

Pada 1975, seorang pekerja tekstil bernama Basile Bouchon menggunakan punch cards untuk mengontrol mesin tenun. Dengan sistem ini, mesin tenun membaca perintah dari punch cards dan bekerja menciptakan suatu pattern secara otomatis. Untuk pertama kalinya, sebuah mesin menggunakan membaca suatu kode dan melakukan suatu proses. Secara esensial punch cards tersebut berlaku sebagai “primitive memory cards” pada mesin ciptaan Bouchon ini.

Penggunaan punch cards dilanjutkan oleh Herman Hollerith pada tahun 1890. Hollerith menggunakan punch cards untuk membaca dan menyimpan data dari “primitive computer.” Dengan sistem ciptaannya ini ia berhasil menyelesaikan sensus tahun 1890 dalam waktu satu tahun. Yang mana pada sensus sebelumnya, tahun 1880, membutuhkan waktu delapan tahun.
Williams Tube (1947)

Williams Tube menjadi Random Access Digital Storage Unit pertama di dunia, dengan kecepatan 1.2 milliseconds per perintah.

Drum memory (1950)

Drum memory adalah perintis dari piringan hitam yang terdapat pada hard drive saat ini.

Uniservo (1951)

Uniservo adalah media penyimpanan berbasis pita pertama yang dijual untuk umum.

IBM 350 (1956)

IBM 350 ditahbiskan sebagai “Modern” hard drive pertama di dunia. Ia menggunakan lima puluh disk berukuran 24 inchi dengan kecepatan putar 1200 RPM. Anda membutuhkan 465 IBM 350 untuk menyamai kapasitas iPod Shuffle, dan Anda membutuhkan 72.727 iPod Shuffle untuk menyamai berat dari IBM 350.

Cassette tape (1972)

Nampaknya kaset tidak hanya sebagai media artis menjual satu album lagu “tempo doeloe” saja. Kaset berfungsi seperti layaknya sebuah CD dimana ia bisa menyimpan berbagai macam data. Kaset pernah menjadi cara yang murah untuk menyimpan data pada jaman dulu. Namun saat floppy disk menjadi lebih murah, kaset perlahan-lahan ditinggalkan.

5.25” Floppy (1976)

5.25” Floppy menjadi media penyimpanan pertama yang diproduksi secara masal. Selain untuk menyimpan data, floppy juga bisa digunakan untuk loading OS(Operating System).

IBM 3380 (1980)

IBM 3380 menjadi media penyimpanan pertama di dunia yang memiliki kapasitas mencapai hitungan gigabytes.

ST-506 (1980)

ST-506 adalah “drive” pertama dengan ukuran 5.25 inchi, dan merupakan perintis dari hard drive PC yang ada saat ini.

DAT (1987)

DAT diciptakan dengan tujuan sebagai perangkat high-end music recording, namun kemudian ia menjadi media penyimpanan data komputer.

CD-R (1990)

Meskipun tergolong “jadul,” CD-R masih banyak digunakan hingga saat ini. Kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan harga yang murah membuat CD-R tetap bertahan dan mengalahkan beberapa media penyimpanan yang ditemukan setelahnya.

MiniDisc MD Data (1993)

Sony menciptakan MiniDisc MD Data dengan tujuan untuk mengalahkan floppy disc sebagai media penyimpanan favorit konsumen. Tetapi karena terlalu mahal, dan kemudian dikalahkan oleh kepopuleran Zip disc, MiniDisc MD Data gagal mencapai cita-citanya.

Zip (1994)

Pada masanya, Zip berfungsi sebagai media penyimpanan dokumen berkapasitas besar dan file desain grafis. Dengan cepat ia menggantikan kepopuleran floppy dan mengalahkan CD-R, karena Zip rewriteable.

Seagate Barracuda (1996)

Seagate Barracuda menjadi hard drive pertama dengan kecepatan 7200 RPM, yang kemudian menjadi kecepatan standar dari sebuah hard drive hingga saat ini.

IBM 170 Microdrive (1999)

Sebelum flash memory berharga murah dan memiliki kapasitas yang cukup besar untuk perangkat elektronik, IBM 170 Microdrive menjadi media penyimpanan pada iPod versi pertama. Apple terus menggunakan media penyimpanan ini hingga iPod classics.

IBM DiscOnKey (2000)

IBM melakukan gerakan cukup revolusioner dengan menciptakan media penyimpanan yang kecil dan murah ini. Dengan cepat IBM DiscOnKey membunuh floppy dan Zip disc, serta memulai era menuju media penyimpanan flash.

SD Card (2000)

Pertama kali diperkenalkan, SD Card langsung mendapatkan popularitasnya dari handheld seperti smartphone dan kamera. Dengan ukuran yang sangat tipis, kapasitas penyimpanan SD Card bisa berkembang tanpa dibatasi oleh ukurannya.

Solid-State Drive (2008)

Dibutuhkan 14.985 buah IBM 350 untuk menyamai kapasitas Solid-State Drive berukuran kecil ini. ditambah dengan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan media penyimpanan lainnya, Solid-State Drive menjadi cara baru yang banyak diandalkan saat ini.

Cloud Storage (Now)

Dengan layanan online, konsumen bisa mengakses media penyimpanan dengan kapasitas yang bisa dibilang tidak terbatas melalui karingan internet darimanapun.

Storage Device adalah perangkat penyimpanan data yang digunakan di komputer untuk menyimpan data. Komputer memiliki banyak jenis perangkat penyimpanan data. Beberapa dapat diklasifikasikan sebagai data removable Perangkat Penyimpanan dan yang lainnya sebagai data non removable Storage Device.

Pengertian non-volatile dan volatile:

  • Non-volatile memori

    Akan menyimpan informasi yang disimpan bahkan jika tidak terus-menerus dengan daya listrik. Sangat cocok untuk penyimpanan jangka panjang informasi. Saat ini digunakan untuk sebagian besar penyimpanan sekunder, tersier, dan off-line. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, itu juga digunakan untuk penyimpanan primer, dalam bentuk memori inti magnetik. memori non volatile adalah jenis memori yang tidak bisa dihapus.

  • Volatile memori

    Membutuhkan daya konstan untuk menjaga informasi yang tersimpan. Teknologi memori tercepat saat ini yang volatile (bukan aturan universal). Karena penyimpanan utama ini harus sangat cepat, itu didominasi menggunakan memori volatile. Memori volatile adalah jenis memori yang bisa dihapus.

Macam-macam Storage device:

  • Micro SD merupakan form terkecil dari SD Card. Dikenal juga dengan sebutan TransFlash, atau T-Flash. Diperkenalkan tahun 2004. Dimensi 11×15×1 mm dengan berat 0.4 gram. Kapasitas 16 MB – 1 GB.

contoh gambar micro sd

  • Mini SD Card memiliki ukuran ±60% lebih besar dari SD Card. Mulai diperkenalkan pada tahun 2003. Writing Protection Switch tidak tersedia pada form ini. Dimensi 21,5×20×1,4 mm dengan berat 1 gram. Kapasitas 16 MB hingga 2 GB.

    contoh gambar mini SD

  • MS (Memory Stick Card) diperkenalkan kali pertama pada tahun 1998 oleh Sony Corporation, untuk dipergunakan pada perangkat-perangkat Sony, khususnya kamera digital. Namun, terbatas untuk kapasitas 128 MB. Baru pada tahun 2003 diperkenalkan Memory Stick PRO, kapasitas dan kemampuannya berkembang.

contoh gambar Memory Stick

  • SD (Secure Digital Card) diperkenalkan tahun 2001 oleh SanDisk Corporation, Matsushita (Panasonic), dan Toshiba. Dikembangkan dari MMC, sehingga memiliki banyak kesamaan. Dengan dimensi 32×24×2,1 mm (kurang lebih seukuran perangko), berat sekitar 2 gram. Kapasitas 16 MB hingga 4 GB.

    contoh gambar SD

  • SDHC (Secure Digital High Capacity) (SD 2.0) adalah ekstension dari standar SD yang mulai dihadirkan sejak Juni 2006. SDHC memungkinkan batasan kapasitas standar yang melebihi 2 GB. SDHC biasanya diformat dalam bentuk file system FAT32.

contoh gambar SDHC

  • Floppy Disc

    Floppy Disk Drive yaitu suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai asesoris dan pelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah. Selain dapat menyimpan data didalam disket floppy disk juga dapat untuk booting computer, di dalam computer terdapat maximal dua floppy disk yaitu flopy “A” dan flopy “B” tetapi biasanya yang terpasang hanya flopy “A “ saja karena kegunaannya sangatlah terbatas.

floppy disk

  • Flash Disk

    Flash Disk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 50 x 15 x 6 mm. Bahkan untuk saat ini, ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, hingga mencapai 1 TB. USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak).

flashdisk

  • Hard Disk

    Biasa disebut juga dengan cakram keras berbentuk piringan hitam terbuat dari alumunium dan dilapisi bahan magnetic. Hard disk sudah menjadi komponen utama dari PC untuk sistem operasi. Komponen-komponen bagian hard disk terdiri dari sebuah jarum untuk membaca data di cakram. Mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar dari floppy disk. Kecepatan putarannya bervariasi, ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, mulai dari puluhan GB hingga 2 TB. 1 TB sama dengan 1000 GB, 1 GBsama dengan 1000 MB, sedangkan 1 MB sama dengan 1000 KB.

hardisk

  • Disk Optik (Optical Disk)

    Media optik yang ada saat ini adalah berbentuk CD (CompactDisk). CD terbuat dari plat alumunium yang dapat dilapisi dengan bahan – bahan chrome yang mengkilat dan tidak menggunakan bahan magnetic melainkan bahan yang dapat memantulkan cahaya. Compact disk pertama lazim digunakan dalam sistem audio, merupakan aplikasi pertama dari teknologi ini. Setelahnya, teknologi optik diadaptasi ke lingkungan komputer untuk menyediakan penyimpanan read only kapasitas tinggi yang disebut CD ROM.

    Generasi CD pertama kali diperkenalkan pada tahun 1982 oleh Philips dan Sony, yang juga mempublikasikan spesifikasi lengkap perangkat tersebut. CD tersebut merupakan audio CD, yaitu digital audio. Dengan cepat industri komputer menyadari bahwa jumlah data audio yang besar dapat digantikan dengan data digital komputer.

optical disk

Jenis – Jenis Compact Disk (CD):

CD ROM, adalah salah satu versi CD yang bersifat read only dan mempunyai kapasitas rekamnya antara 650 Mb sampai 700Mb. CD ROM merupakan media penyimpanan yang removable dengan harga murah, mudah didapat dan bersifat multiguna (untuk data, audio atau video). Informasi disimpan dalam bentuk biner, maka cocok untuk digunakan sebagai medium dalam sistem komputer.

CD – R, adalah standar untuk format CD yang recordable atau CD yang nantinya hanya dapat digunakan sekali pakai saja untuk merekam data, audio atau video. Bersifat permanen, jadi data tidak dapat dihapus. Tipe CD ini baru dikembangkan pada akhir tahun 1990-an. Suatu track spiral diimplementasikan pada disk untuk membakar pit menjadi dye organik pada track.

CD – RW, adalah standar untuk format CD yang ReWritable. Artinya dapat digunakan secara berulang – ulang. CD – RW cocok bila digunakan sebagai backup data, misalnya menghapus file atau data yang lama dan menggantinya dengan file atau data yang baru. Karena dapat dipakai berulang kali maka CD ini dikenal paling fleksibel. Walaupun dapat dipakai berulang kali, tetapi untuk idealnya sebaiknya dibatasi. Batasantersebut mencapai 1000 kali.

DVD (Digital Versatile Disk), adalah disk media optik yang mampu menyimpan data digital dalam jumlah yang besar termasuk jenis multimedia, seperti musik dan film yang berdurasi panjang dengan kualitas gambar dan suara sangat bagus. Standard DVD pertama didefinisikan pada tahun 1996 oleh suatu konsorsium perusahaan. Tujuannya adalah agar dapat menyimpan suatu full length movie pada satu sisi disk DVD.

Office 365

Office 365 merupakan sekumpulan fasilitas komputasi online yang didesain untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dalam berkomunikasi dan berkolaborasi melalui medium Internet. Office 365 dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Universitas Gadjah Mada (UGM), baik itu mahasiswa, dosen, ataupun staf untuk komunikasi di lingkup organisasi ataupun antar organisasi. Terdapat berbagai fasilitas pada Office 365 yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik akun, di antaranya:

Sistem Email Berkapasitas 50 GB

Bukan hanya email tetapi email yang memberikan kebebasan dan mendukung berbagai skenario yang memudahkan akademisi untuk melakukan berbagai skenario seperti:

  • Mengetahui kontak rekan lain yang tergabung di Office 365 dan setiap perubahannya. Sebagai contoh seorang dosen ingin mencari kontak dosen lain yang memiliki kompetensi tertentu.
  • Sistem kalendar yang dinamis. Mahasiswa dapat segera mengetahui perubahan jadwal kuliah atau kegiatan penting dengan sistem kalendar terpusat dan terintegrasi.
  • Distribution list. Membantu mahasiswa membuat kelompok belajar, grup riset, dan juga mailing list komunitas untuk berbagi ilmu pengetahuan melalui platform email Office 365.

Penyimpanan Awan Berkapasitas 1 TB

Sebagai penyimpanan awan yang dirancang untuk digunakan secara personal sekaligus untuk berkolaborasi, OneDrive for Business dapat memudahkan akademisi untuk melakukan pengelolaan berbagai berkas dengan skenario seperti:

  • Menyimpan berkas penting seperti dokumen skripsi atau sejenisnya untuk menjadi backup dari data yang tersimpan di komputer. Sehingga meminimalisir kemungkinan kehilangan data yang disebabkan karena virus atau kerusakan hardware.
  • Berkas dan dokumen yang dapat dibagikan kepada sesama pengguna akun secara personal memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menjalin kegiatan kolaboratif, seperti dalam pengerjaan tugas kelompok atau laporan organisasi.

Situs Kolaborasi

Diciptakan untuk memberikan pengalaman lebih dalam berkolaborasi, Office 365 dilengkapi dengan SharePoint Online yang memungkinkan pengguna untuk mengelola Team Site.

  • Team Site dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen, atau staf untuk mendirikan ruang kerja virtual yang bermanfaat untuk pengerjaan tugas/proyek tertentu atau sebagai virtual workspace organisasi di kampus.
  • Pengguna dapat mengatur aplikasi dan layout pada team site sesuai kebutuhan. Fitur Social dan Document Library menjadikan kolaborasi virtual lebih interaktif.

Ruang Komunikasi Virtual

Lync Online dapat digunakan bagi mahasiswa, dosen, ataupun staf dalam berkomunikasi secara real time. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan kapabilitas Lync Online di lingkup akademik di antaranya:

  • Diskusi personal. Dengan dukungan IM, video/audio call serta beberapa fitur lain, mahasiswa, dosen, atau staf dapat dengan mudah melakukan komunikasi dua arah atau secara berkelompok.
  • Lync Online juga terintegrasi dengan direktori kontak terpusat, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan kontak antar sesama warga kampus, beserta status presence-nya, apakah sedang offline, online, sibuk atau tidak bisa diganggu.
  • Kelas virtual juga sangat dimungkinkan untuk diadakan menggunakan Lync. Kemampuan Lync untuk mampu menampung hingga 250 anggota aktif dalam satu sesi, dan didukung fitur seperti virtual whiteboard, online presentation, file/dekstop/application sharing dan sebagainya, memungkinkan dosen untuk mengadakan kelas jarak jauh ketika sedang bertugas di luar kota atau hendak melibatkan pengajar dari luar negeri.

Bekerja di Berbagai Perangkat

Untuk mendukung kegiatan dosen dan mahasiswa yang padat, dan cenderung mobile, berbagai fasilitas di Office 365 dapat dioperasikan melalui berbagai jenis perangkat, termasuk di komputer (Windows, Mac, Linux), Tablet (Windows, iOS, Android) hingga Smartphone (Windows Phone, iOS, Android, BlackBerry, Symbian). Aplikasi pendukung untuk masing-masing fasilitas di Office 365 dapat diunduh melalui Market Store atau portal Office 365.

http://ry-portfolio.weebly.com/sejarah-digital-storage-dari-kertas-hingga-yang-tak-nyata.html

http://arifdba.blogspot.co.id/2013/07/storage-device-dan-contohnya.html

https://blog.ugm.ac.id/2010/09/27/memory-and-storage-device/

http://365.ugm.ac.id/

Reply

Copyright © 2024 dinda.n's blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek.